baziEG3 (1)

Bazi Introduction

Bazi adalah ilmu meramal dari china yg terdiri dari 8 huruf. Bazi yang kita kenal hari ini kebanyakan berasal dari ajaran master XZP dari dinasti Song, biarpun bazi terus berevolusi seperti MP maupun SS. Untuk mempelajari classical bazi biasanya dimulai dengan membaca 5 buku klasik : 子平真詮, 三命通会,  看命捷歌,  渊海子平, 星平会海. Selain 5 buku ini ada 滴天髓  dan juga 兰台妙选 (buku ini banyak membahas tentang na yin method).

 

Menurut sy pribadi saat ini ada banyak sekali praktisi bazi dadakan namun tidak pernah membaca buku klasik di atas, hal ini umumnya dikarenakan kendala bahasa karena menggunakan bahasa china dan seringkali puisi sehingga sulit dimengerti. Bahkan sampai hari ini, biarpun dengan kemajuan teknologi dan keterbukaan informasi, rahasia masih diwariskan turun temurun dan tidak disebarkan secara luas. Resources yang tersedia satu2nya adalah buku berbahasa inggris dimana juga pembahasan tidak mendetail. Oleh karena itulah mempelajari langsung dari sumbernya adalah yang terbaik.

 

Dalam naskah klasik bazi sering disebut 命术 MingShu yang artinya adalah art of life. Art dalam pinyin ditulis 艺术 YiShu. Bazi mulai dikenal saat jaman periode musim semi dan gugur 春秋时代  dan terus berkembang hingga hari ini. ZP adalah evolusi dari wu xing sedangkan wu xing berasal dari pilar T sebagai master, dari sinilah shen sha berasal. Kebanyakan praktisi bahkan tidak mengetahui soal ini sehingga terjadilah interpretasi yang kabur dari makna sebenarnya.

error: Content is protected !!